Sabtu, 15 Oktober 2011

KEUNGGULAN KOMPARATIF VERSUS KEUNGGULAN KOMPETITIF

Ditengah tengah pertarungan dahsyat antar bangsa bangsa maka terdeteksi ada dua ecenderungan keunggulan yang dikedepankan. Pertama keunggulan komparatif yang menitik beratkan pada kelimpahan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang terus dieksploitasi untuk menghasilkan keuntungan keuntungan ekonomis namus berdampak pada kerusakan lingkungan dan proses eksploitasi manusia dan pemiskinan. Industrialisasi yang mengandalkan upah buruh yang murah dan melanggengkan kebodohan untuk menggenjot produktivitas. Trend yang kedua yaitu keunggulan kompetitif yang lebih mengandalkan pada kualitas sumber daya manusia yang bisa mengolah bahan mentah menjadi bahn baku kemudian menjadi bahan jadi. kecebderungan yang kedua inilah yang menghasilkan proses nilai tambah yang telah mengantarkan negara-negara seperti Singapur dan Jepang yang memiliki sumber daya alam yang serba terbatas menjadi The Industrial Countries.
Pada titik di ataslah maka pendidikan sangat berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.Hanya dengan pendidikan yang berkualitaslah kita dapat berharap suatu ketika bangsa ini akan terangkat derajadnya setara dengan negara negara besar dunia dalam mengelola industri dan sumber daya alam untuk menyejahterakan rakyatnya.
Sudah tentu mimpi mimpi itu akan menjadi kenyataan bila kita semua punya kemauan untuk berubah. Dan sudah tentu perubahan itu harus dimulai darisekarang, mulai dari  diri diri kita dan dimulai dari kampus yang sama kita cintai, yaitu SMA Negeri 8 Mandai-Maros.
Selamat bekerja wahai teman sejawat. Selamat berjuang untuk sebuah perubahan di masa depan wahai anak anakku. Bersama kita wujudkan cita cita ibu pertiwi. Menjadikan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar di jagad raya ini.
Kurangilah bicaramu wahai kawan dan perbanyaklah kerjamu sebab perubahan itu tidak untuk dibicarakan namun harus dikerjakan secara maksimal. Ingatlah kita bukan anggota NATO.
"Sesungguhnya setelahkesulitan pasti ada kemudahan, dan sesungguhnya setelah kesulitan pasti ada kemudahan, makq apabila kamu telah selesai dalam suatu urusan, kerjakanlah dengan sunguh-sungguh urusan yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmu hendaknya engkau berharap." (Q.S. Al-Insyirah : 5-8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERAYAAN HARI GURU NASIONAL

  (25/11/2017) Ikut serta dalam Perayaan Hari Guru Nasional, Anggota Pengurus OSIS SMAN 8 Maros membuat rangkaian acara...